Hai guys, siapa nih yang hoby banget travelling? Pasti semua suka dong, tapi kadang hal yang paling bikin rempong adalah menyiapkan barang- barang yang akan dibawa.  Salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum travelling yakni mengepak barang-barang bawaan atau packing. Bagi kebanyakan orang, packing seringkali dianggap sebagai hal yang sulit karena tak mengerti tips dan triknya. Sehingga, bingung penempatan barangnya ke dalam koper. 

   Nah, sekarang gak perlu khawatir lagi, berikut tips packing ala traveler profesional 





1. Bawa barang- barang yang diperlukan saja
    Membuat list barang bawaan merupakan poin awal yang harus dilakukan sebelum berpergian, supaya tidak ada barang bawaan yang ketinggalan. Pikirkan mulai dari pakaian, makanan,alat mandi, dan barang lainnya. Tuliskan semuanya secara lengkap dan mendetail dalam secarik kertas atau handphone. Setelah itu, kelompokkan barang bawaan tersebut supaya lebih mudah untuk ditata dalam koper atau ransel.

2. Gulung baju dan celana agar muat banyak
     Dengan cara ini, kamu dapat meringankan bawaan dan memuat pakaian lebih banyak. Seperti baju kaos, celana kasual, dan pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut, sebaiknya digulung rapat untuk menghemat tempat. Namun, untuk pakaian yang mudah kusut seperti kemeja, tetap biarkan dilipat rapi dan letakkan di atas tumpukan gulungan baju yang sudah dirapikan. 




3. Bawa peralatan mandi dengan travel size
     Travel pouch perlu disiapkan untuk memisahkan barang-barang kecil agar lebih menghemat tempat dan mudah diletakkan. Kamu perlu menyiapkan beberapa travel pouch yang dibutuhkan untuk menyimpan benda- benda seperti pakaian dalam, alat makeup, charger, ataupun alat mandi.

4. Gunakan kantong kecil untuk memisahkan cairan
     Khusus untuk peralatan mandi atau benda apa pun yang berupa cairan, sebaiknya gunakan kantong kecil agar tidak terkena benda lain ketika tumpah.


5. Pastikan bagasi tidak lebih dari 15kg supaya GRATIS Terbang domestik
     Pastikan tidak ada ruang kosong didalam koper kalian untuk menghemat barang bawaan.

Nah, udah pada tau kan sekarang tips packing ala traveler profesional?
Jadi kita gak perlu kuatir lagi deh dengan barang bawaan yang banyak saat liburan. Liburan jadi lebih nyaman & ringan...
     Mampir ke kota Cirebon kurang afdol rasanya kalau nggak berburu kuliner. Pasti udah banyak yang tau dong apa saja kuliner khas dari kota ini? Yup, kuliner khas dari kota Cirebon yang terkenal yaitu Nasi Jamblang & Empal Gentong. Eiitts,,, tunggu dulu, ternyata masih banyak lho kuliner kota Cirebon ini yang gak kalah nikmatnya. Terlebih beberapa kuliner Cirebon sangat unik karena lokasinya yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Perpaduan dua budaya yang berbeda tentu bisa dirasakan lewat kuliner khas Cirebon yang terkenal nikmat.Apa aja sih? Yuk, kita kepoin dulu apa aja kuliner Cirebon yang enak & murah..
 


1. Nasi Jamblang

    Siapa sih yang masih belum tau sama kuliner khas yang satu ini? Nasi jamblang merupakan nasi yang dibungkus dengan daun jati. Berbeda dengan nasi liwet asal Sunda yang dibungkus daun pisang.
Nasi jamblang yang legendaris dikota ini yaitu Nasi Jamblang Mang Dul. Karena sudah terkenal dari jaman baheula jadi kita harus antri ya guys.Untuk porsi nasi jamblang sendiri hampir mirip nasi kucing khas Jogjakarta alias porsinya yang mungil. Untuk lauknya sendiri disajikan terpisah, beberapa pilihan lauk seperti ikan asin, sate kentang, perkedel, tahu sayur, tempe, aneka pepes, ayam goreng dan lauk yang paling khas seperti tumis cumi hitam dan paru goreng yang renyah dan gurih. Rasanya sudah pasti bakal bikin ketagihan dan bikin nambah dan yang gak boleh ketinggalan, sambalnya yang khas karena cabenya tidak dihaluskan.




2. Tahu Gejrot
     Kalau kuliner yang satu ini rasanya juga gak kalah enak lho, walaupun cuma sekedar tahu aja. Biasanya banyak dijual menggunakan grobak/ sepeda berkeliling. Cara penyajiannya pun cukup unik karena disajikan dengan cobek kecil yang terbuat dari tanah liat. Pedagangnya biasanya langsung mengulek bumbu kuah tahu gejrot yang memiliki rasa asam, manis, pedas dan sedikit rasa gurih. Perpaduan tahu dan rasa kuahnya bikin segeer banget apalagi dimakan pas siang hari... 
Kalau di Surabaya sendiri ada beberapa orang yang jual Tahu gejrot juga, cuma untuk rasanya masih jauh daripada yang di Cirebon, mungkin yang bikin beda dari jenis tahu nya ya.


3. Mi Koclok
    Buat yang suka dengan kuliner mi, wajib cobain Mi Koclok. Mi Koclok memang pas dinikmati saat malam hari sebagai penutup, terutama saat musim hujan.Mi Koclok disajikan dengan irisan telur rebus, ayam yang disuwir, tauge, serta tambahan bawang daun. Kuahnya berwarna putih dan cukup kental. Beberapa warung Mi Koclok baru buka saat sore hari sehingga cukup sulit untuk mendapatkan Mi Koclok saat pagi atau siang hari. Meskipun ada, namun jumlahnya tak terlalu banyak.
4. Mi Yamin
    Kalau mi yang satu ini juga gak kalah enaknya. Hampir mirip dengan pangsit mie ayam, cuma kayaknya jenis mienya agak beda dan ayamnya pun lebih besar disajikan dengan acar timun dan sayur sawi+ beberapa pentol/ bakso. Nah yang bikin unik sih juga sambelnya, bukan sambal merah tapi sambal hijau, dan rasanya pun bikin nagih. Karena kripik pangsitnya gak ada, kita bisa menggantikannya dengan krupuk bawang.
5. Empal Gentong
    Tak berbeda jauh dengan nasi jamblang, kuliner khas Cirebon yang satu ini memang sudah menjadi ikon makanan enak dari Cirebon. Empal gentong dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya sangat berbeda karena dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar.Kuah kuning empal gentong sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas. Rasanya gurih dan menyegarkan di mulut. Kuahnya saja sudah enak, apalagi jika ditambah dengan isian yang istimewa seperti daging sapi pilihan dan beberapa aneka jeroan.Beberapa jeroan yang bisa dipilih sebagai sajian istimewa empal gentong seperti babat, usus, limpa, paru dan tentu saja daging sapi yang lembut.
cookpad.com


5. Docang
    Isian docang biasanya berupa lontong, tauge, parutan kelapa ditambah dengan daun singkong dan taburan kerupuk. Salah satu ciri khas docang adalah siraman kuah panas, sambal docang dan tempe bungkil atau oncomnya. Nah, penasaran seperti apa rasanya? Kuliner khas Cirebon ini dijamin memberikan rasa gurih dari kuah, rasa segar dari rempah dan tentu saja rasa pedas yang menantang dari sambalnya. Efeknya bisa bikin meler-meler hilang setelah menikmati docang panas.
6. Kojek
    Kalau yang satu ini namanya Kojek atau istilah lainnya Aci/Cilok. Cemilan yang ini sih hampir mirip seperti cilok kebanyakan,cuma disini isiannya ada telur, ada bumbu kacangnya + sambe. Lumayan lah buat cemilan di musim hujan kayak gini. 
  Nah, sekian perjalanan kuliner kita di Cirebon, kuliner yang selalu bikin pengen balik lagi ke kota ini. Oh iya satu hal lagi  yang bikin unik kuliner dikota ini, untuk minum teh tawar panas gratis lho, apa memang begitu ya? atau memang kebetulan saja dibeberapa tempat yang aku kunjungi kayak gtu?
Sampai jumpa lagi di jalan-jalan kuliner selanjutnya...