SNORKELING DI PANTAI BOLU-BOLU DAN AIR TERJUN BANYU ANJLOK MALANG

, , No Comments
   Kota Malang merupakan kota yang tidak asing lagi dengan berbagai wisata, mulai dari wahana permainan, museum, hingga wisata alamnya. Banyak pantai di eksotis disana, seperti Pulau Sempu, Pantai 3 Warna, Pantai Lenggoksono, dan yang akan kita bahas sekarang Pantai Banyu Anjlok serta masih banyak lagi pantai yang lainnya.

Buat kalian yang lagi pengen travelling yang deket-deket aja dan lagi minim budget bisa kok nyobain ke pantai ini karena kita dapat menikmati 3 pantai sekaligus. Tentunya lebih hemat kan? hehehehe...

Berangkat dari surabaya pukul 22.30 WIB sampai tiba di lokasi sekitar pukul 02.30 WIB. Untuk mencapai pantai ini dari Kota Malang kita bisa menempuh dari Kecamatan Dampit menuju Kecamatan Tirtoyudo, lalu berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi, Desa Tirtoyudo. Dari pertigaan ini posisi Pantai Lenggoksono masih sekitar 30 kilometer. Kondisi jalan dari Tangsi Tirtoyudo menuju Lenggoksono Purwodadi sangat mulus beraspal, hanya ruas jalan sangat sempit. Sepanjang 30 kilometer itu jalanan berkelok-kelok. Jalanan belokan tajam disertai menanjak dan menurun yang curam apalagi saat itu malam hari jadi kurang terlihat kondisi jalanan. Saya yang tertidur sebelumnya pun terbangun gara - gara kepala terbentur kaca mobil..hahaha....

Sambil menunggu pagi, kami tidur sebentar di mobil, kemudian sholat shubuh setelah itu sarapan. Kapal mulai beroperasi sekitar pukul 06.00 WIB. Di pantai Lenggoksono kita disuguhi pemandangan nelayan yang sedang menimbang ikan tangkapannya, serta desiran ombak. Aku sempat berbicara pada nelayan setempat, katanya kalau ingin jalan kaki / naik motor menuju Air terjun banyu anjlok bisa memakan waktu sekitar 1 jam dengan melewati jalan yang cukup curam karena dipinggir sudah jurang. Kami pun memutuskan untuk menyewa kapal karena kami berniat ke 3 lokasi yaitu : Pantai Bolu-Bolu, Pantai Teluk Kletakan, Pantai Banyu Anjlok / Air terjun Banyu Anjlok. Sebelum naik kapal, kita menyewa kacamata snorkeling sekitar Rp. 25.000, sedangkan sewa perahu Rp. 50.000/orang.

Pantai Lenggoksono

Menuju Pantai Bolu-Bolu
   Saat tiba di Pantai Bolu-Bolu kita bisa Snorkeling, disana kapal perahu yang kita naiki akan menunggu sekitar 15-20 menitan.

Pantai Bolu - Bolu

Snorkeling pantai Bolu - Bolu

Setelah dari Pantai Bolu - Bolu kita akan mampir di Pantai Kletakan. Di pantai ini kita bisa Snorkeling atau berisitirahat sambil menikmati degan dan juga makanan lainnya yang dijual di warung sekitar pantai.

Snorkeling Pantai Kletakan

Nyantai dulu...

Setelah puas bermain di Pantai kletakan, kami mencari kapal yang mengantarkan tadi untuk menuju lokasi terakhir yaitu Pantai Banyu Anjlok. Pantai ini sungguh menawan karena disana kita menemukan sebuah air terjun yang mengalir dari mata air dan juga di bagian atas terdapat kolam yang airnya cukup bersih dan dingin.

Air terjun Banyu Anjlok

Kolam Banyu Anjlok

Nah, setelah puas bermain - main hingga jam 11 siang, akhirnya kita memutuskan untuk pulang sambil menunggu perahu kita yang tadi. Saat kembali menuju Pantai Lenggoksono, air laut sedang pasang sehingga perahu yang kita naiki tadi terombang-ambing terbawa ombak yang besar terlalu kencang, tapi seru juga...

Gimana, apakah kalian sudah pernah berkunjung kesini? share juga yuk pengalaman kalian... :)