TENGKLENG GAJAH PORSI JUMBO BIKIN KLENGER - YOGYAKARTA

, , No Comments
    Jogja selain dikenal dengan kota pelajar, kota yang satu ini selalu memikat hati saya untuk kembali. Selain dari keindahan alam yang memukau, disini juga banyak kuliner - kuliner yang wajib dicicipi seperti gudeg yang sudah pasti menjadi icon kota ini, ada juga Tengkleng gajah. Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata "gajah"? apakah kamu berpikir ini adalah daging gajah? Eiiittss....tunggu dulu, kalau kamu berpikir seperti itu, kamu salah besar....ini salah satu kuliner yang wajib kamu kunjungi kalau kamu main ke Jogja.

    Awalnya aku main ke rumah teman di jalan kaliurang, karena perut mulai terasa lapar dan hari mulai gelap, akhirnya aku diajak makan, gak menunggu waktu lama kami pun langsung meluncur menuju TKP, maklum lah..sudah gak bisa diajak kompromi lagi...hehehe... Warung ini terletak di Jalan Kaliurang Km. 9,3 Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

kompasiana photo
     Saat tiba di depan, aku sempet kaget sih melihat banner tulisan "tengkleng gajah" sama seperti yang kalian pikirkan, awalnya kaget juga mendengar kata "gajah", lalu aku bertanya pada temanku,"itu maksudnya apa? daging gajah gitu? " dy menjawab "iya, itu daging gajah..enak lho" aku pun berjalan menuju kedalam warung tersebut. Lalu kami mulai melihat menu apa saja yang disajikan, berikut daftarnya :
  • Sate                                           : Rp. 29.000,-
  • Sate goreng                                : Rp. 29.000,-
  • Tongseng                                   : Rp. 29.000,-
  • Tongseng kepala                         : Rp. 29.000,-
  • Kepala goreng                            : Rp. 29.000,-
  • Tengkleng gajah                         : Rp. 29.000,-
  • Tengkleng gajah tongseng/goreng: Rp. 29.000,-
  • Gule                                           : Rp. 12.000,-
  • Nasi putih                                   : Rp. 4.000,-
  • Nasgor kambing                          : Rp. 17.000,-
  • Teh/jeruk es/panas                     : Rp. 3.000,-
  • Aneka juice                                 : Rp. 6.000,-
    Tengkleng adalah sejenis masakan sup khas Solo yang berbahan dasar daging, jeroan, dan tulang kambing yang hampir mirip dengan masakan gulai kambing, hanya saja dengan kuah yang lebih encer.“Warung ini lebih dikenal dengan nama Tengkleng Gajah karena porsi tengkleng yang disajikan cukup besar, sehingga diibaratkan sebagai tengkleng dengan porsi gajah.

    Setelah memesan menu, kami mengambil nasi sendiri sesuai selera. Disini kalau nasi memang boleh ngambil sepuasnya, jadi buat kamu yang doyan banget makan, gak perlu takut nasinya kurang. Berikut penampakan tongseng,tengkleng dan sate gajah.

jogjabagus.com
    Hidangan kami telah datang...yuk mari kita langsung icip-icip. Untuk rasanya, jangan ditanya, kuahnya yang cukup kental dengan bumbu rempah - rempah dipadukan dengan irisan cabai serat sayuran ditambah daging kambing yang empuk dan masih menempel ditulang yang berukuran cukup besar akan menambah kenikmatan saat menikmati hidangan ini. Bagi yang suka pedas, kalian bisa memesan tengkleng gajah sambal bawang, tapi buat kalian penyuka manis menu sate, tengkleng goreng dan gule bisa menjadi pilihan karena bumbu kecap yang mendominasi. 

    Untuk lokasinya juga cukup mudah di jangkau walaupun tidak ditengah kota. Dari perempatan Jl. Kaliurang di Ringroad Utara ke arah utara sampai kilometer 9, Cari pertigaan ke arah timur (kanan) sebelum lampu merah Merapi View.  Lokasi Tengkleng Gajah sekitar 1 km dari pertigaan tersebut di selatan (kanan) jalan , Lokasinya dikelilingi beberapa pohon rindang dan pakiran yang cukup luas. Jam buka warung ini mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB, tapi saat liburan ada kemungkinan warung akan tutup lebih cepat. Beruntung sih aku kesana setelah maghrib masih buka.

  Gimana apakah kalian penasaran juga?hehehehe...