MENIKMATI SOTO AYAM PAK SLAMET DI TENGAH SAWAH - YOGYAKARTA

, , No Comments
    Jalan - jalan ke Jogja kalau tidak mencicipi kulinernya rasanya kurang afdhol ya guys, banyak sekali tempat kuliner di Jogja yang perlu kalian coba. Selain gudeg, ada juga Tengkleng Gajah seperti yang kita bahas sebelumnya. Nah, kali ini aku akan coba mencari kuliner yang lain lagi untuk sarapan pagi.  

    Karena aku tidak begitu suka gudeg yang rasanya manis, maka pagi itu aku mencari sarapan yang lain, kemudian aku di ajak nyobain soto ayam yang sudah terkenal di daerah Sleman. "Hah, soto ayam?" dalam hati sih gak begitu suka dengan soto ayam, karena menurutku soto ayam juga sudah banyak dan sudah biasa di tiap daerah selalu ada dengan khas daerah masing - masing, karena tidak enak untuk menolak akhirnya aku pun ikut saja.

    Perjalanan dari Tugu menuju warung soto tersebut sih sebenarnya tidak begitu jauh, cuma kita sempet nyasar - nyasar juga karena warung soto ini letaknya di desa. 

     Dari Tugu Jogja lurus ke barat hingga Jalan Godean Km 6. Nanti di pertigaan Bantulan ambil kira hingga melewati rel kereta api. Setelah menyeberang rel ini ada pertigaan silakan ambil kanan.Sekitar 500 meter kemudian melintasi rel kembali dan disitulah warung legendaris itu berada. Alamat suratnya ada di Jalan Bibis, Dusun Mejing Kidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Sleman.

    Kalau kita dari Malioboro sebenarnya sangat mudah untuk menuju ke sana, kita cukup mengendarai kendaraan hingga sampai di perempatan titik nol Jogja atau perempatan BNI, kemudian kita belok kanan ( barat ) lurus terus ke barat hingga kita jumpai perempatan Ngampilan masih terus ke barat, sampai perempatan Wirobrajan masih terus ke barat hingga kita temui perempatan Ring road Gamping masih terus lurus ke barat dan sampai didesa Ambarketawang, kalau kesulitan jangan ragu bertanya hampir sebagian besar Wong Jogja tahu lokasi Soto Pak Slamet.

    Setelah muter-muter dekat sawah, akhirnya ketemu juga warungnya. Warung yang cukup sederhana dan nyaman, dengan udara yang sejuk karena berada dekat sawah, suasana pedesaan sangat terasa sekali, jauh dari kebisingan kota. 


 Saat masuk kedalam, suasana warung pun terlihat sangat sederhana dan di bagian dinding terdapat beberapa foto artis yang terpajang. Membuatku semakin penasaran dengan rasa soto tersebut, akhirnya aku pun memesan menu soto tersebut.

sebelasipatigaaa.blogspot.com

    Tak berapa lama kemudian, hidangan pun datang, beserta tambahan lauk seperti tahu dan tempe bacem, ayam. Sekilas tidak ada yang istimewa dengan sajian ini, sama seperti soto ayam pada umumnya. Tapi tunggu dulu...saat aku mulai menyantap, ada rasanya yang berbeda dan lezat dari soto pada umumnya yang pernah aku coba. Rasa bawang putihnya yang cukup menonjol membuat menu ini terasa mantap meskipun kuahnya tampak bening. Ayamnya yang disuwir-suwir terasa lembut dan menambah kelezatan soto racikan Pak Slamet ini, saya pun menyertakan lauk tambahan tempe bacem. Tempe bacem di warung ini memang pas banget disantap bersama sotonya. Belum lagi perkedel kentangnya yang lembut dan gurih, dijamin bikin nagih. Tak sedikit pakar kuliner dari Jakarta sering datang ke tempat ini. 


    Walaupun yang datang kebanyakan bermobil dari kalangan selebritis serta pejabat,jangan dipikir harganya mahal. Kalian hanya mengeluarkan uang tidak lebih dari Rp. 20.000 sudah termasuk minum, krupuk, tempe bacem dan ayam, cukup murah bukan? Cobain deh, tapi jangan datang terlalu sore ya, karena tempat ini buka dari jam 07.00 - 16.00 WIB. Pada saat liburan sangat ramai,dan biasanya sudah mulai habis menjelang sore.