Seperti halnya para lelaki, wanita pun suka melakukan travelling. lantas apakah alasan para wanita tersebut melakukan travelling? inilah beberapa alasan para wanita menyukai travelling.

  • Wanita juga ingin memiliki pengalaman baru, melihat hal-hal baru yang belum pernah dia alami serta rasakan sebelumnya seperti mendaki, snorkeling serta pengalaman yang biasanya dilakukan oleh para lelaki.
  • Tekanan yang sangat tinggi membuat wanita menjadi stress sehingga dia mencari jalan keluar dengan cara travelling untuk ngerefresh otak dari semua masalah yang dihadapi dan melihat hal-hal baru dengan cara anda sendiri.
  • Selain tekanan pada pekerjaan dan masalah yang terjadi di lingkungan keluarga, mungkin juga ada masalah dengan hubungan dengan kekasih. Dengan cara inilah para wanita bisa melampiaskan semua perasaannya dengan bebas, selain itu juga bisa dijadikan untuk mencari pasangan hidup bagi yang sedang mencari karena kita tidak pernah tau siapa dan dimana jodoh kita berada.
  • Mungkin selama ini terlalu fokus pada pekerjaan dan sekolah sehingga kalian merasa telah kehingan masa muda untuk bersenang-senang, oleh sebab itu inilah saatnya untuk bersenang-senang.
  • Ingin mempelajari bahasa serta mengasah keterampilan yang telah dimiliki. Banyak sekali wanita yang ingin meningkatkan keterampilan hingga belajar ataupun bekerja di luar negeri seperti menjadi chef dan sebagainya.
  • Ingin melakukan penelitian, sejarah serta budaya suatu tempat yang belum  dikunjungi.
  • Menjadi travel writing atau travel blogger, karena dapat berbagi cerita serta pengalaman dengan orang lain.
  • Bagi pecinta kuliner, travelling juga merupakan salah satu cara untuk mencicipi masakan yang tidak biasa dari segi rasa,tekstur serta aroma.
  • Sebagai Pejalanan Spiritual, mengikuti rute besar ziarah , serta mengunjungi situs suci dan masih banyak lainnya.
 Kalau menurut kalian gimana nih? yuk berbagi pengalaman juga disini...
    Melakukan perjalanan merupakan hal yang paling disukai oleh banyak orang untuk menghilangkan stres dengan berbagai masalah seperti pekerjaan ataupun masalah pribadi. Melakukan perjalanan untuk nge-refresh otak sangatlah penting. Eiittss,,, tapi jangan sampai perjalanan itu malah membuat anda sendiri jadi sakit atau tidak nyaman ya. Buatlah perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan serta nyaman. Disini kita akan membahas bagaimana sih agar tetap sehat saat melakukan perjalanan dan tetap fresh hingga tiba di tempat tujuan.  Mari kita bahas satu persatu disini ya... 

1. Bawalah Makanan & Minuman dari Rumah

     Banyak orang yang suka makanan siap saji karena dinilai lebih praktis, tapi tahukah kalian, bahwa makanan siap saji itu tidak baik untuk kesehatan.  Ada baiknya kalau kalian ingin melakukan perjalanan, bawalah makanan dan minuman dari rumah, karena kita membuatnya sendiri dan sudah pasti hygienis. Air Mineral sangatlah penting untuk kita bawa dalam perjalanan agar tidak dehidrasi, selain itu buah dan makanan ringan juga harus dibawa, tapi jangan lupa ya buahnya dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan. Selain lebih sehat, membawa makanan dari rumah juga bisa menghemat pengeluaran saat di jalan.
Hindari Makanan Junk food

2. Buatlah Dirimu Senyaman Mungkin

    Melakukan perjalanan yang cukup lama tentu akan membuat kalian cepat merasa lelah bukan? apalagi harus duduk berlama-lama seperti naik bis atau kereta. Untuk menghindari pegal-pegal buatlah posisi duduk senyaman mungkin, jangan sampai membungkuk, luruskan kaki kalian. Kalau perlu bawa bantal untuk di leher dan punggung. Jika kalian naik mobil pribadi, usahakan untuk berhenti setiap 30menit untuk meregangkan otot-otot yang kram.
Posisi yang nyaman

3. Tidurlah Saat Mata Sudah Tidak Bisa Diajak Kompromi

    Mengantuk merupakan hal yang sering dianggap sepele oleh para pengemudi, padahal itu merupakan kesalahan fatal. Faktanya, banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi mengantuk. Menurut penelitian, mengemudi saat mengantuk dapat menurunkan kesadaran dan perubahan visual. Oleh sebab itu, jangan memaksakan diri jika memang mata sudah tidak bisa diajak kompromi, apalgi memaksa memasang isolasi pada mata..don't try...hahahaha
Istirahat yang cukup

4. Hindari Jalan-Jalan Macet

    Macet merupakan momok buat para pengemudi maupun penumpang, jika sudah terlanjur hal ini tidak bisa dihindari lagi. Oleh karena itu, tentukan rute yang sekiranya tidak macet, karena macet dapat menyebabkan kalian merasa stres, bukannya mau refreshing yang ada otak malah semakin panas. 

Nah, sudah tau kan gimana caranya agar kita tampak fresh saat melakukan perjalanan hingga tiba di tempat tujuan. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat...
    Kasembon Rafting Malang - Setelah selesai wisuda, kami berniat refreshing karena kami sudah haus akan jalan - jalan yang selama mengerjakan tugas akhir nggak bisa kemana-mana (lebay dikit lah..hehehe..) Dan ini juga mungkin kesempatan kita kumpul-kumpul terakhir yang mungkin nantinya kita udah pada sibuk dengan urusan masing-masing. Akhirnya kita memutuskan rafting di malang, karena jaraknya dari surabaya yang tidak telalu jauh. Kami berangkat dengan dua mobil, ngumpul di kampus tercinta, sebelum berangkat kita juga sarapan dulu, setelah itu langsung cuuss menuju tempat tujuan. 
   Kalau dari Surabaya, kami lewat Krian - Mojokerto - Mojoagung - Ngoro(Jombang) - Kandangan, waktu perjalanan sekitar 2,5 jam - 3 jam, walaupun kami sempet nyasar-nyasar tapi akhirnya sampai juga deh di lokasi.

Narsis dulu di depan tulisan kasembon rafting
   
All Team

   Setelah mendaftar, kami menunggu giliran, sambil berfoto-foto dan menikmati pemandangan alam yang masih sejuk dan asri. Setelah tiba saat nya giliran, kami dipanggil serta diberikan panduan. Kami pun bersiap - siap menaiki perahu, saat itu aku bersama Heri, Meri, Yusi ama mas guide nya (lupa namanya..hehehehe...) Pikiran busuk mulai terlintas, pura-pura dayung ketinggalan karena yang ada dipikiran cuma fokus pegangan aja ke perahu, dah gitu perasaan deg-deg'an soalnya ini pengalaman pertama rafting. Eh gak taunya, si mas guide bilang : "mbak, dayung nya ketinggalan tuh", rasanya kayak kesamber gledek, terpaksa deh bawa dayungnya. 
 
Iseng Sambil Nunggu Giliran
    Awal perjalanan masih lancar lah, aku pun mulai beradaptasi dan udah gak takut lagi. Lama pengarungan sekitar 2 jam, kami menyusuri sungai sepanjang 7,5km, yang terdapat 5 boom, tingkat kesulitannya sih masih level 2-3 jadi aman lah buat pemula. Setelah melewati arus yang masih aman, inilah Boom  pertama yang kami lewati, mas guide nya memberikan aba-aba supaya bersiap kaki diselipkan kebawah tempat duduk, badan miring kesamping,dayung diselipkan disamping perahu. Entah kaget atau belum siap, Meri dan Yusi terjengkal ke belakang, dan hampir menindih aku dan heri, untungnya uh dayung gak kena muka kita. Perjalanan kembali berlanjut, boom selanjutnya kami sudah terbiasa. perjalanan menyusuri sungai pun kami isi dengan senda gurau, apalagi yang paling berisik aku dan Heri...maklum lah, kita kalau berkumpul cocok jadi tim ceriwis,hihhiihi... 

Ekspresi Alay semua, termasuk mas yg dibelakang...

Boom ini rasanya kayak mau terbang
    Setengah perjalanan sudah kami lewati, perahu teman kita yang satu lagi tiba-tiba di jungkir sama guide nya, temanku Inay sedikit shock maklum lah, dia gak ada persiapan, yang lain bukannya nolongin malah ketawa terbahak-bahak. Untungnya setelah itu kami beristirahat sejenak untuk minum teh, wedang jahe serta gorengan. Setelah 5 menit beristirahat, kita melanjutkan perjalanan lagi, arusnya pun kini mulai agak deras, dan saat itu lah perahu kami sengaja di jungkir, Suatu petaka banget nih buat aku, gimana nggak, perahu dijungkir ke arah ku, otomatis tubuh Heri yang besar jatuh kesamping, rasanya tuh ya kayak ketiban lemari,haahahaa... 

    Saat jatuh ke air rasanya kayak di tipi-tipi nih, berasa kayak slow motion banget semua air masuk ke mulut dan hidung, rasa mau pingsan (lebay) eh ternyata ngapung lagi ke permukaan, lupa nding kalau lagi pake pelampung,,hahahaha...tapi kenapa gelap banget ya? hadeh, gak taunya aku berada dibawah perahu, untung perahunya di angkat Heri. Karena shock, buat jalan dan berdiri ke perahu rasanya gak kuat, apalagi arusnya deras banget, batu-batunya pun penuh lumut. Aku sempet nyari-nyari tuh mas guide tadi, eh gak taunya malah lagi nolongin Meri, bukannya nolongin malah ketawa geli ngeliat aku,songong sekali ah...sudalah... Saat itu aku udah gak fokus sama dayung, tanpa sadar dayungnya keseret arus, dalam hati : "biarin aja lah, tuh dayung hanyut, daripada aku yang hanyut",..*senyum puas. Gak tau nya kami disuruh cepat-cepat naik perahu dan mas guide nya malah nyuruh kami ngambil tuh dayung, yaelah ini sama aja bohong, karena arus lumayan deras, kami pun kesulitan mengambil kembali dayung itu, sampai kami melawan rute pulang dan mengikuti arus. Pengorbanan kami gak sia-sia, akhirnya dayungnya bisa diambil juga. Masih aja tuh mas guidenya ngodain : "mbak, mau dijungkir lagi perahunya?",wah tambah songong nih, dengan gerakan reflek aku pun memegangi celana pendeknya, dan aku berkata :"coba aja kalau berani, aku pelorotin nih celana", bukan maksud mesum atau pelecehan lho ya...just kidding kalau kata Tukul, eh gak taunya sih masnya bilang : "ya udah deh aku aja yang nyemplung."(sambil nyemplung). 
    
Foto bersama mas guide nya (tersangka utama)

   
berasa kayak pasukan kuning


Kita Pemenangnya :)

Main silat.. cocok gak?

Wah,,,tuh panji dikeroyok sama cewek-cewek

    Akhirnya perjalanan kami selesai menyusuri sungai, dan kami kembali ke tempat pertama dengan naik pickup, setelah sampai kami mandi kemudian makan dengan menu khas pedesaan. Setelah itu, kami kembali pulang ke Surabaya. 
Udah cantik, saatnya pulang ke Surabaya
Ini pengalamanku, bagaimana pengalamanmu? yuk, berbagi cerita...

    Selama ini kita terlalu asyik membahas tentang traveling atau backpacker, tau gak sih selama ini kita melupakan hal yang sangat sederhana tapi penting banget buat kita saat ingin melakukan traveling atau backpacker. Apakah itu??? Alas kaki atau lebih jelasnya sandal dan sepatu.. Yuuupp... Alas kaki sangat penting buat kita saat akan melakukan perjalanan, karena dengan menggunakan alas kaki yang nyaman kita pun dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Nyaman? ya..iyalah nyaman... pernah gak sih kalian mengalami saat melakukan perjalanan tiba-tiba kaki jadi lecet atau alas kaki yang kita gunakan salah. Nggak mau kan kalian kejadian seperti itu?


   Nah, untuk memilih alas kaki yang tepat saat melakukan perjalanan ada baiknya kita menentukan tujuan dari perjalanan yang kita tempuh, selain itu jenis kegiatan apa yang akan kita lakukan, serta seperti apa medan yang akan kita lewati? Hal seperti itu yang membuat orang terkadang malah tidak terpikirkan, sehingga mereka lebih suka membawa sepatu dan sandal padahal itu sama aj membawa barang bawaan kalian lebih banyak..hehehehe...

Baiklah, mari kita bahas jenis-jenis alas kaki yang akan kita gunakan berdasarkan penjelasan diatas tadi :

1. Sepatu Casual

Sepatu Casual
    Sepatu jenis ini sangat cocok digunakan saat medan yang ditempuh tidak ekstrim, sepatu ini sangat sempurna untuk dipakai di wilayah perkotaan dan anda akan merasa nyaman serta dapat bergaya. Selain itu, sepatu ini akan memberikan stabilitas bagi kalian jika berjalan jauh. 

2.  Active Footwear
   Sepatu yang satu ini sangat cocok digunakan untuk segala kegiatan karena memiliki ventilasi serta bantalan yang membuat kalian nyaman jika medan yang ditempeuh berbeda-beda.

3.  Sepatu Hiking
 
Sepatu Hiking

    Sepatu jenis ini sangat cocok untuk para pendaki gunung karena dirancang untuk mendukung beban yang akan kalian bawa. Semakin berat beban anda, semakin lebih dukungan yang akan anda butuhkan. Pilihlah sepatu hiking yang dirancang untuk memberikan dukungan dan perlindungan yang kalian butuhkan untuk medan yang paling sulit yang akan kalian hadapi nantinya. Ingat, bahwa sepatu hiking yang bagus tidaklah harus memiliki bobot yang berat. Bahan material berteknologi tinggi saat ini telah menggantikan peran batang logam tradisional dan elemen berat lainnya yang memberikan stabilitas pada sebuah sepatu boot. Sebagai hasilnya, sepatu hiking saat ini jauh lebih ringan dan tetap mampu memberikan perlindungan dan dukungan pada kaki.

4. Boots Musim Dingin


    Dari namanya saja kalian pasti sudah tahu kalau sepatu yang ini digunakan saat musim dingin atau lebih tepatnya musim salju karena dirancang sangat kokoh dan keras.

5. Sandal


Nah, kalau alas kaki yang satu ini sudah menjadi alas kaki sehari-hari yang kita gunakan karena sangat cocok di segala cuaca baik kemarau ataupun hujan. Tapi perlu di ingat, jangan sekali-sekali mendaki gunung dengan menggunakan sandal karena hal tersebut tidak akan melindungi kaki kalian dengan baik. Jika medan yang ditempuh berhubungan dengan air atau saat musim hujan misalnya, pilih lah sandal yang terbuat dari karet karena memiliki daya tahan yang lebih lama.

Gimana, sudahkah kalian memilih alas kaki yang pas untuk menemani perjalanan anda? 
    Traveling atau backpacker itu identik dengan sosok laki-laki dengan tas ransel besar,serta berbagai peralatan yang dibawa untuk menuju rute-rute yang biasa saja sampai yang paling ekstrim. 
 
Add caption
Tapi apakah para wanita tidak mempunyai kesempatan juga buat melakukan traveling atau backpacker? ah, itu sih jaman dulu mungkin ya, saat ini wanita bisa kok kayak para pria tersebut dan sudah banyak solo woman traveler. Tetapi kita pun harus memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dalam perjalanan karena kita sudah tau sendiri kan banyak kejahatan yang terjadi pada wanita, mulai pelecehan sexual hingga pencurian / perampokan. Buat kamu para wanita, mari kita sedikit berbagi tips yang mungkin berguna buat kalian semua. 
 
1. Harus Mandiri

Membawa Peta Serta buku panduan

     Mandiri merupakan kunci utama buat kalian para wanita yang akan melakukan perjalanan, apalagi kalau ingin jadi solo backpacker, gak mungkin dong selalu mengandalkan laki-laki. Disini kita harus menyiapkan semua dengan baik, misalnya: membawa peta, membawa buku panduan agar tidak tersesat. Berlaku lah layaknya seorang wanita yang tau tentang seluk beluk kota tersebut, jangan seperti orang yang sedang kebingungan ya (walaupun kadang merasa bingung...hehehe) karena hal ini akan memancing orang berbuat jahat. Bertanya lah dengan orang jika anda mengalami kesulitan, dalam bertanya kita juga harus melihat orang tersebut terlebih dulu, agar tidak salah. Kalau mau aman lebih baik saat bertanya pada polisi atau masuk lah kedalam toko ataupun restoran, kalau bisa bertanya ke sesama wanita juga. Saat mengambil uang di ATM, jangan mengambil saat malam hari, karena sangat rawan dan sepi.

2. Mengetahui Transportasi yang akan digunakan.

    
   Buat klian para wanita yang sedang melakukan perjalanan, ada baiknya kita mengetahui transportasi apa yang akan kita gunakan, waktu tiba di tempat tujuan, apakah itu siang hari atau malam, lama perjalanan agar anda tetap aman dan merasa nyaman. Jangan menaiki kendaraan yang sepi penumpang karena maraknya kejahatan di transportasi kepada para wanita. 

3. Cari Penginapan yang Strategis


    Kalau para pria tidak terlalu pusing soal penginapan tetapi lain hal nya dengan para kaum hawa karena sering terjadinya kejahatan. Kalau cowok sih mau tidur di jalanan, di terminal, ataupun masjid sih tidak ada masalah ya, tapi jangan coba-coba buat para cewek ya. Oleh sebab itu pilih lah penginapan yang strategis, tidak jauh dari ATM, Toko, Ataupun dekat dengan transportasi. Hal ini dilakukan jika suatu waktu kita ingin ke toko pada malam hari,kita tidak akan berjalan sendiri di tempat yang sepi.
 
4. Berpakaian Sopan


    Saat traveling, berpakaian lah yang sopan untuk meminimalkan perhatian pria. Banyak terjadi pelecehan kepada para wanita karena disebabkan oleh pakaian yang digunakan wanita tersebut. Oleh sebab itu, lebih baik kita menjaga ya ladies daripada harus mengundang kejahatan.

5. Selalu Waspada & Berdoa

    
   Selalu Waspada dan Berdoa adalah hal yang selalu kita lakukan saat perjalanan. jika kalian merasa diikuti oleh orang yang mencurigakan jangan segan untuk teriak dan meminta tolong. Jangan Memperlihatkan tindakan yang menunjukan kalau kita sedang khawatir, tetap tenang.

Sekian tips buat kalian para ladies yang suka traveling, semoga membantu...

   hai guys....sudahkan anda merencanakan liburan akhir pekan anda dengan keluarga ataupun kerabat anda? kemana kah tujuan anda, dengan apa kalian akan berpergian? kali ini saya akan berbagi cerita alat transportasi yang menurut saya sangat nyaman untuk melakukan perjalanan, yaitu dengan menggunakan kereta api...masih inget kan lagunya...naik kreta api ...tuuutt..tuuut...siapa hendak turun, ke bandung-Surabaya? tapi gak boleh naik dengan percuma ya , nanti bangkrut nih bisa-bisa..hehehehe...Berikut 5 alasan mengapa lebih memilih kereta api :


1. Lebih Hemat Ongkos

      Sudah pasti tau dong kalau tiket kereta api lebih murah dibandingkan dengan pesawat bahkan bis, misalnya saja perjalanan dari Surabaya menuju Yogyakarta, dengan menggunakan transportasi kereta kita hanya merogoh kocek sebesar Rp. 50.000,- sedangkan naik bis Rp.90.000,- apalagi mengunakan pesawat tarifnya mulai dari seratus ribu lebih. 


2. Harga Stabil

      Tidak seperti harga pesawat, yang selalu berganti tiap jam bahkan tiap menit dan kita harus memonitor setiap saat karena dalam hitungan jam harga sudah melambung tinggi, harga kereta lebih stabil, walaupun naik mungkin saat musin liburan saja ataupun hari besar. Jadi gak perlu was-was, tapi inget ya, harus pesan jauh-jauh hari juga biar gak kehabisan tiket.

3. Lebih Nyaman 
      Buat kalian yang telah mencoba traveling mnggunakan pesawat ataupun bis, sudah pasti dong bisa membandingkan mana yang lebih nyaman? kalau di pesawat dan bis kita tidak bisa duduk dengan nyaman, karena jarak antar kursi penumpang sangat dekat. Sedangkan dengan kereta, kaki kita bisa diluruskan, apalagi kalau depan kita gak ada orangnya, malah bisa tidur-tiduran juga..hehehehe...Fasilitas kereta api kini semakin diperbaiki, seperti tidak ada lagi pedagang asongan, tukang ngamen yang masuk kedalam kereta. Buat para traveler udah tau dong, kalau kini juga ada kereta wisata kemana saja, dengan fasilitas tempat tidur, kamar mandi yang bersih, ruang karaoke. Sudah pernah nyoba kah? Sedangkan dari segi pemandangan, kereta api menawarkan panorama yang lebih eksotis dibandingan naik pesawat yang hanya dapat melihat awan saja.
 
Kereta Wisata
4. Bebas Bagasi

       Tidak seperti di pesawat yang harus membayar bagasi karena banyaknya barang bawaan kita, kalau di kereta tidak usah khawatir berapa banyak barang yang kita bawa karena tidak akan dipungut biaya. Walaupun begitu, ada peraturan juga lho sekarang, berdasarkan info dari teman yang habis mudik, kalau tidak boleh membawa durian kedalam kereta,wah sayang banget tuh jadinya nasibnya yang habis panen durian.



5. Ramah Lingkungan
    
      Kereta api merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan dibandingkan alat transportasi lainnya. Emisi karbon dari kereta yang kurang merusak lingkungan daripada pesawat karena kereta emisi tidak dirilis langsung ke atmosfer atas. Sebagai bonus, efisiensi energi relatif terhadap kenaikan harga bahan bakar
   Hai para Backpacker, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mencuci pakaian saat kita traveling? terkadang kita sering melihat para backpacker dengan menggunakan tas ransel yang disandang di punggung saja tapi bisa bepergian dari kota satu ke kota lain,atau bahkan ke pulau lain. Terlintas terpikir di benak kita, apakah pakaian yang cuma 1 tas itu saja cukup buat berpergian sampai kemana-mana? bagaimana cara mencuci baju? sedangkan kita sendiri sibuk dengan traveling yang bahkan pindah dengan cepat dari kota tersebut. 

   Pernah gak terpikir oleh kalian, apakah para backpacker itu tidak pernah mencuci bajunya dan memakai baju tersebut sampai beberapa hari? eeittss...tunggu dulu, kata siapa sih para backpacker itu jorok, tidak semua seperti iu,mereka juga selalu mencuci baju mereka lho. Nah, mau tau cara mencuci baju saat kita sedang melakukan traveling? berikut tips cara mencuci baju saat traveling :

1.Menggunakan Tas Ziplock

   
   Tas ini sangat cocok digunakan karena dapat menahan tekanan air sampai 190meter selama 2 minggu, dan juga sangat praktis dan ringan sebagai pengganti ember atau bak. Untuk mencuci dengan menggunakan ini, caranya masukan baju kotor kemudian tmbahkan air hangat dan detergent, kemudian aduk2 selama 5menit, setelah itu diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit bilas dengan air besih. selain untuk mencuci dapat juga digunakan untuk menyimpan baju kotor.
  
 2. Menggunakan Wastafel 


   Cara ini yang sering digunakan para backpacker untuk mencuci pakaian mereka.Baju kotor tersebut dimasukan ke wastafel, lalu mnmbahkan dengan detergent dan juga air hangat, tapi tutup dulu wastafelnya dengan penutupnya agar air tidak mengalir. tunggu beberapa menit, kemudian buka kembali saat membilas pakaian.

3. Menggunakan Jasa Laundry 

 ini adalah cara terakhir yang digunakan buat yang gak mw ribet, sekarang jasa laundry langsung jadi juga sudah banyak, tapi kita harus merogoh kocek lebih banyak dibandingkan dengan mencuci sendiri.

Nah, sudah tau kan tips mencuci baca, kalau kalian pilih yang mana?