PISANG EPE, CARA ASYIK MENIKMATI PISANG

, , No Comments
     Belum lengkap rasanya kalau ke makassar tanpa kuliner, kuliner ringan yang terkenal disana yaitu Pisang Epe. Disepanjang jalan pantai losari banyak pedagang yang menjual jajanan termasuk pisang epe. Akhirnya kami berhenti untuk duduk di salah satu kaki lima penjual pisang epe. Kami pun memesan berbagai varian dari menunya, pilihan rasa mulai rasa keju, durian, cokelat dan orisinal. Bedanya hanya di cara penyajian saja. Rasa cokelat, maka pisang diberi siraman susu cokelat. Untuk rasa keju, pisang diberi taburan parutan keju. Rasa durian, maka pisang disiram vla durian sebagai kuahnya. Sementara rasa orisinal, hanya diberi kuah gula aren aja. 

    Saat itu kami memesan rasa orisinil, durian dan keju. Bagi pecinta rasa yang tidak begitu manis, anda bisa memesan rasa yang orisinil, karena tidak cepat enek dan tidak terlalu manis. Bagi pecinta durian, menu rasa durian ini wajib dicoba,karena sensani rasanya durian dan manisnya pisang membuat semakin meleleh di lidah.                        

Pisang Epe Rasa Keju


     Cara membuatnya pun cukup mudah,  Bahan pisangnya dipilih dari pisang kepok yang setengah tua kemudian dibakar setengah matang terlebih dahulu. Setelah cukup lembek, pisang diletakkan di jepitan  yang terbuat dari kayu dan dilapisi alumunium untuk kemudian ditekan sampai pipih. Proses pembakaran dua kali. Pisang dibakar lagi di bara arang yang panas agar lebuh empuk dan renyah. Mengapa disebut pisang epe karena ada proses dipenyet dulu setelah dibakar pertama.

    Setelah dirasa cukup matang, pisang ditata di atas piring, baru disiram dengan lelehan gula merah seperti gula aren cair yang sudah sudah diberi pandan. Untuk pesanan coklat dan keju pastilah diberi susu kental manis rasa cokelat dan taburan parutan keju sesuai pesanan.
Harga pisang epe satu porsi dengan isi tiga pisang bakar orisinal Rp 6.000. Rasa cokelat, keju, dan durian menjadi Rp 8.000. Penjual pisang epe di pantai Losari mulai berjualan di sore hari  pukul 16.00 sampai malam hari pukul 24.00 WITA. Dari tempat pedagang ini, pembeli juga bisa melihat saat terbenamnya matahari. Nikmat sekali makan pisang epe sambil melihat sunset. Rasanya lokasi makan pisang epe sambil  melihat sunset hanya ada di Makassar.

      Sekian Wisata kuliner kita di Makassar, oh iya...ada juga Pisang Nugget yang gak kalah seru rasanya.