JALAN - JALAN SERU DI EMBUNG NGLANGGERAN-GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

, , No Comments
    Hai para traveler...lama juga nih gak ngeshare tentang jalan-jalan ya, kebanyakan kuliner akhir ini ya..hehehee...maklum lah, suasana hujan begini memang paling enak cerita tentang makanan sih,tapi kali ini kita kembali berpetualang lagi ya.. 

      Ok, traveler..setelah puas backpacker ke Bandung, Makasar, kita kembali lagi ke tanah Jawa ya, kali ini saya akan mengunjungi kota gudeg, yups...udah pada tau kan dimana tempatnya? Yogyakarta...tepat sekali..Entah kenapa ya, kota ini punya daya tarik tersendiri untuk datang lagi dan lagi kesini, gak ada bosennya deh. Kalau kalian bosen dengan tempat wisata yang ada di kota jogja seperti kraton jogja,malioboro, Taman Sari,Prambanan yuk mari kita beralih ke daerah Gunung Kidul. Daerah ini sekarang menjadi primadona wisata, banyak wisata alam yang sangat cantik di daerah ini.


     Kali ini kita akan jalan - jalan ke Embung Nglanggeran,udah pada pernah kesana belum? Bagi yang belum tau embung itu apa? Embung adalah istilah yang sering digunakan oleh orang jawa pada sebuah telaga buatan yang berfungsi sebagai sarana pegairan kebun buah milik warga sekitar. Embung Nglanggeran ini dulunya sebuah bukit yang dipotong kemudian dikeruk. Selain dari tadah hujan, air di telaga ini juga berasal dari sumber sumurup Gunung Nglanggeran.




    Embung Nglanggeran sendiri terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena tempat menginap kami daerah seturan yang tidak begitu jauh, kami cukup mengikuti jalan Wonosari, Sesampainya di pertigaan Polsek Patuk (setelah Bukit Bintang) kemudian belok kanan menuju Gunung Api Purba Nglanggeran,di sepanjang perjalanan menuju kesana banyak tower televisi yang kelihatan dari Jalan Piyungan. Sesampainya di basecamp Gunung Nglanggeran silahkan ikuti petunjuk arah. 

     Untuk menikmati keindahan Embung,cukup membayar retribusi sebesar Rp. 3000,00 saja. Untuk mencapai ke embungnya kita harus menaiki anak tangga terlebih dahulu. Setelah sampai di atas kita baru bisa menikmati pemandangan yang indah banget, kalau bosan memutari embung, kita juga bisa beristirahat di gazebo yang telah disediakan sambil menikmati  semilir angin sepoi-sepoi.

View Atas

Peraturan yang Wajib Dibaca
   Oh iya traveler, di Embung ini ada beberapa peraturan yang wajib kita baca terlebih dahulu, yaitu :
  •    Dilarang berenang di Embung
  •    Dilarang membuang apapun kedalam Embung
  •    Dilarang masuk / duduk di dalam pagar Embung
  •    Dilarang membuang sampah Sembarangan 
Saat kami sedang menikmati semilir angin dan juga makan cemilan yang kami bawa, tiba - tiba suasana mendung, karena dirasa akan turun hujan, akhirnya kami memutuskan untuk turun dan pulang karena masih ada lokasi wisata yang akan kami kunjungi lagi. 
Gimana,indah bukan? langsung aja deh meluncur kesana kalau kalian penasaran.